Satika Simamora SE MM: Perlu Kolaborasi dan Gotong Royong untuk Kembangkan Tenun Ulos

Ketua Dekranasda Taput Satika Simamora SE MM bersama designer Ary Arka dan Rudy Chandra menjadi narasumber pada 'Sumut Fashion Week 2022'

topmetro.news – Ketua Dekranasda Taput Satika Simamora SE MM bersama designer Ary Arka dan Rudy Chandra menjadi narasumber pada ‘Sumut Fashion Week 2022’ bertema ‘Peran Ulos Dalam Perkembangan Fashion’, bertempat di Atrium Centre Point Medan.

Pada kesempatan itu, Satika Simamora, menyatakan perlu kolaborasi dan gotong royong untuk mengembangkan tenun Ulos. Sehingga semakin dicintai masyarakat luas.

“Kita perlu berinovasi agar konsumen mau membeli produk-produk Ulos tenun tidak hanya sekali. Tetapi secara berkesinambungan. Ulos tenun memiliki filosofi dan makna yang dapat mempersatukan kita karena terkait dengan adat dan Budaya Batak. Marilah kita berkolaborasi, bergotong royong, dan saling berbagi ilmu untuk mengembangkan produk tenun Ulos. Untuk itu, hal yang pertama harus kita lakukan adalah mencintai Ulos tenun itu dari diri kita sendiri,” ucap isteri Bupati Taput Nikson Nababan ini.

“Kita berikan yang terbaik agar konsumen tidak hanya membeli sekali saja. Tetapi harus menjadi konsumen tetap. Artinya tenun Ulos harus jadi trend masyarakat. Para pengerajin kita berikan pelatihan agar mutu tenunannya semakin bagus. Kita datangkan designer nasional. Sehingga para penjahit lokal kita punya referensi yang layak jual. Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara akan selalu mendukung penuh dalam hal promosi dan pemasaran. Hal ini seperti ini akan selalu kita terapkan sebagai kolaborasi dalam memperjuangkan tenun Ulos Tapanuli Utara,” paparnya.

“Kita sengaja melibatkan designer nasional untuk mendukung promosi kita. Semoga ke depannya para penjahit lokal kita ini akan mampu berkarya ke tingkat nasional bahkan internasional. Sekaligus kita pertahankan budaya serta meningkatkan perekonomian para pengerajin kita. Harus kita sendiri yang mencintai produk lokal kita, sehingga masyarakat luas makin cinta Ulos ini,” jelas Satika.

Pewarna Alami

Pada kesempatan itu perancang busana bertaraf nasional Ary Arka menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap penenun Ulos di Kabupaten Tapanuli Utara yang telah menggunakan pewarna alami dan ramah lingkungan.

“Pengerajin harus selalu kita dukung dengan promosi hingga luar negeri. Saya mendengar bahwa penenun di Kabupaten Tapanuli Utara sudah menggunakan pewarna alami yang ramah lingkungan. Hal ini merupakan sesuatu yang positif dan merupakan nilai tambah dari produk ulos,” ucap Ary Arka.

Sementara Rudy Candra yang juga desingner nasional menyatakan semakin mencintai Ulos setelah mempelajarinya.

“Kami sudah beberapa kali datang ke Tapanuli Utara dan memberikan pelatihan bagi para petenun Ulos dan juga kepada designer di sana. Saya semakin mencintai Ulos tenun. Kemudian, saya belajar mengenal apa itu Ulos dan manfaat masing-masing Ulos tersebut. Saya menilai, produk-produk Ulos tenun bisa mendunia apabila generasi muda kita semakin mengenal dan mencintai Ulos tenun. Butuh kerja keras dan pengorbanan di awal ini. Tapi saya yakin selanjutnya kita akan dapat menikmati hasilnya,” ujar Rudy Chandra.

Terpantau hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan bersama isteri, Wakil Ketua Dekranasda Ny Sarlandy (Marsaulina Lumbantobing) serta para pimpinan perangkat daerah dan para camat.

Pada perhelatan ‘Sumut Fashion Week 2022’ tanggal 7 sampai 12 Juni tersebut, Tapanuli Utara menampilkan berbagai produk unggulan UMKM.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment